sukarditb.com

10/VIDEO/ticker-posts

Header Ads Widget

1001 ORGANISASI (OPINI)



1001 Organisasi
Oleh: Sukardi

            Mungkin ketika anda di kampung , di kota, di sekolah, di kampus, di masyarakat , anda pernah mendengar kata “organisasi”. Untuk saya pribadi alhamdulillah pernah mendengar yang namanya organisasi dan pernah membaca profil salah satu organisasi yang saya kenal selama ini. Saya punya keinginan untuk bergabung dengan organisasi yang ada di intra dan ekstra kampus , di situ saya ingin mendapatkan pengalaman dan pengetahuan serta memberi kontribusi dengan niat mengharap ridho Allah swt. Begitu banyaknya organisasi  membuat saya bingung dengan pandangan dan tujuan yang berbeda dari organisasi satu dengan yang lainnya. Muncul tanda  tanya dan rasa penasaran dari hati saya  untuk mengetahui kriteria dari 1001 organisasi yang ada, bukan maksud ingin merusak keadaan organisasi yang berbeda , namun saya ingin mengetahui karakter, maksud serta tujuan dibentuknya organisasi tersebut.

Menurut saya , Organisasi merupakan suatu perkumpulan beberapa orang dengan tujuan bersama dan tujuan tersebut ingin tercapai dengan cara musyawarah.
Ada beberapa organisasi yang  jika seseorang telah bergabung dengan organisasi tersebut tidak bisa bergabung dengan organisasi lain. Jadi, harus konsisten dan paham agar dapat berjalan didalam organisasi tersebut. Kemudian jangan selalu berfikiran apa yang bisa organisasi berikan, tapi pikirkanlah apa yang bisa kita berikan kepada organisasi.
Awal masuk kuliah, saya diperkenalkan dengan berbagai macam organisasi dengan cara pandang dan penilaian yang berbeda. Kata si-A , kamu masuk organisasi ini aja, lebih bagus. Kata si-B, jangan masuk organisasi itu, tidak ada gunanya.
Menurut saya masalahnya bukan dari pendapat orang lain untuk memilih organisasi apapun, yang penting menjadi pertimbangan ialah jiwa kita untuk mampu dan siap berada didalam organisasi.  Jangan sampai muncul penyesalan dan  perasaan tidak ikhlas berada didalam organisasi yang telah dipilih.
Saya mahasiswa di IAIN Pontianak, saya masuk organisasi intra dan ekstra kampus, mencari pengalaman dan ingin saya aplikasikan di masyarakat. Tidak melihat perbedaan pandangan, karena telah seyogyanya organisasi memiliki pemikiran dan aturan yang berbeda . namun  harapan saya, rasa kesatuan harus tetap ada dan terjaga, jangan sampai ada permusuhan antara organisasi satu dengan yang lainnya.  Jika ada masalah maka selesaikanlah  dengan jalan yang  benar, apalagi kita makhluk sosial jangan saling membedakan dan bermusuhan.
Sebagai Mahasiswa, keseimbangan dalam perkuliahan dan organisasi harus ada. Perkuliahan tanpa organisasi sangat merugi, namun berorganisasi tanpa perkuliahan sangat mendzolimi seorang mahasiswa. Organisasi bukan tempat bermalas-malasan dalam kuliah atau sering bolos kuliah.  Sebagian kawan-kawan saya ada yang takut masuk organisasi dan takut tidak mendapatkan apa-apa dari organisasi. Semua kembali kepada kita masing-masing untuk menjadi baik  dan  Organisasi yang menjadi wadahnya.
Pemuda harapan bangsa sudah tentu akan terjun dan tampil dimasyarakat. Beda pandangan boleh saja, asal jangan menjelekkan organisasi lain. Mari kita bersama-sama membangun bangsa dengan kontribusi dari hakekat pemuda sebagai harapan bangsa. Jangan karena perbedaan organisasi kita sebagai pemuda terpecah belah, jangan karena beda organisasi kita tidak saling menyapa, itu menjadi kesalahan besar jika kita lakukan. Menjadi aktivis bukanlah membenci organisasi lain, namun jadilah aktivis yang bisa membangun masyarakat dengan bersahabat dengan orang-orang yang berbeda organisasi. Perbedaan tersebut tercipta agar kita bisa saling menghargai dan menyayangi satu sama lain. Ingat bahwasannya kita sama di mata Allah SWT yang maha pengatur dan penentu segalanya.

Post a Comment

0 Comments