sukarditb.com

10/VIDEO/ticker-posts

Header Ads Widget

Sukardi (Adi TB) Penulis Lirik Mars FUAD IAIN Pontianak



Sukardi (Adi TB), Mahasiswa KPI FUAD IAIN Pontianak Angkatan 2013


MARS FUAD IAIN Pontianak
Oleh: Sukardi (Adi TB)


Perjalanan Membuat MARS FUAD dan Mengikuti Kompetisi

Kisah ini saya mulai dari suatu malam, ketika saya sedang duduk di halaman Sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Warta IAIN Pontianak, saya sedang memposting berita ke portal berita online wartaiainpontianak.com 2 April 2016, Sabtu malam.

Muhammad Nurudin, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam, menghampiri saya dan memberikan informasi seputar sayembara Mars Fakultas Ushuluddin Adab dan  Dakwah, yang sering disebut FUAD. Informasi tersebut sudah saya baca sebelumnya di facebook Humas FUAD IAIN Pontianak. Niat di hati sudah ada untuk mengikuti lomba, dan dengan datang si pemuda dari Sintang ini, saya semakin percaya diri. Perihalnya, dia lumayan pandai bermain gitar dan suaranya yang lumayan bagus.


Setelah Muhammad Nurudin memaksa saya untuk ikut, jiwa kompetitor dalam diri saya yang sudah terbangun, akhirnya membawa jemari  menari di atas kertas, menorehkan kata demi kata hingga utuh menjadi sebuah lirik lagu Mars FUAD, kemudian rekan saya Nurudin menjadi pencari nadanya.

Berjalannya waktu, Sabtu 9 April 2016, saya dan Nurudin sudah merampungkan lagu, nada, rekaman dan video klip sementaranya. Pada Senin 11 April 2016, Mars FUAD tersebut kami serahkan kepada Humas FUAD, dengan niat berpartisipasi dan menuangkan karya nyata. Senin, 2 Mei 2016, pukul 13.00, di ruang siding FUAD, para peserta mempresentasikan hasil karyanya masing-masing, ada 3 peserta, pertama bernama Morin mahasiswa KPI semester 2, kedua Fauzan dari BKI semester 2, dan saya bersama Nurudin presentasi terakhir.

Saya mempresentasikan makna lirik pada lagu tersebut,  Nurudin menyanyikannya, dengan menggunakan gitar yang senarnya kurang satu pada  nomor 6, semangat kami lah yang melengkapinya. Gitar tersebut kami pinjam di UKM Komunitas Santri (Komsan).

2 minggu kami menunggu, akhirnya pada hari ini, Selasa 17 Mei 2016, saya dan Nurudin mendapat kabar gembira. Pukul 14.03 wib, saya mendapat kabar via BBM, dari Agus Fitriani, mahasiswi KPI semester 2, dia aktif sebagai penyiar di radio Prokom 107,9 Mhz IAIN Pontianak. Kalimatnya, “Selamat abg bro” disertai gambar screenshoot dari akun facebook Humas fuad iain Ptk. Dengan kalimat “Selamat kepada Sukardi (Adi TB) dan Nurudin menjadi pemenang kompetisi pembuatan hymne FUAD IAIN Pontianak dan terimakasih kepada Fauzan Habibi dan Morin yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Sukses selalu untuk semunya. By. Wakil Dekan III”. Kemudian saya segera menuju akun tersebut, dan ternyata benar. Alhamdulillah.

Berikut Lirik dan Makna Mars FUAD oleh Sukardi (Adi TB) :

Nyalakan Semangat Mahasiswa
FUAD Harapan Bangsa
Umat Membutuhkan Bimbinganmu
Menuju Ke Arah Pencerahan

Tuangkan Nilai-Nilai Islam
Kembangkan Moral Pertiwi
Nusa Bangsa dan Agama
Capai Umat Berkemajuan

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
IAIN Pontianak
Ulung, Inovatif, Komodifikatif
Dalam Kajian Islam
Rahmatan Lil’alamin


#Nyalakan Semangat Mahasiswa
Pada lirik ini, bertujuan agar FUAD memberikan stimulus kepada mahasiswa yang dibimbing. Suatu awal perjuangan, harus ada rasa semangat atau gairah. Semangat menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan.
Nyalakan berasal dari kata nyala ditambah imbuhan –kan yang bermakna kata kerja. Nyala ialah bercahaya, bersinar, hidup atau menggebu.  FUAD berperan aktif dalam menyalakan atau membangkitkan semangat mahasiswa-mahasiswinya, sebagai awal yang baik.
#FUAD Harapan Bangsa
Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) menjadi harapan atau sesuatu yang dapat diharapkan oleh bangsa Indonesia umumnya dan Kalimantan Barat khususnya.
#Umat Membutuhkan Bimbinganmu
Saya memilih kata Umat ialah para penganut (pemeluk,pengikut) suatu agama, umat juga berarti makhluk manusia, dengan kata umat bearti semua manusia yang ada di muka bumi juga membutuhkan bimbingan FUAD di segala sektor.
#Menuju ke arah pencerahan
Bimbingan tersebut bertujuan untuk membuat umat manusia ke arah pencerahan. Arah yang bisa menghantarkan manusia pada tempat yang damai.
#Tuangkan Nilai-nilai Islam
Dengan menuangkan nilai-nilai Islam, maka arah kebaikan yang kita maksud dapat tercapai, apa saja nilai-nilai Islam itu, yakni yang berhubungan dengan aqidah, akhlak dan syariat dan nilai Islam lainnya.
#Kembangkan Moral Pertiwi
Kembangkan berarti menerbarkan. Moral ialah akhlak. Pertiwi ialah tanah tumpah darah, yakni Indonesia. FUAD memegang amanah untuk menerbarkan moral-moral bangsa Indonesia.
#Nusa, Bangsa dan Agama
Nusa atau nusantara adalah sebutan (nama) bagi seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Bangsa merupakan kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri. Agama ialah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan pergaulan manusia dengan lingkungannya.
Ketiga komponen tersebut harus bersinergi, agar seimbang kehidupan ini.
#Capai Umat Berkemajuan
Tujuan dari itu semua ialah agar umat menjadi maju, terdepan, sejahtera, umat yang aman sentosa dan makmur, selamat dan terlepas dari segala macam gangguan. Islam agama yang menjadi rahmat untuk semesta alam.
#Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Salah satu fakultas yang ada di IAIN Pontianak
#IAIN Pontianak
Ialah kampus Islam terbesar di Kalimantan Barat dan satu-satunya IAIN di Kalimatan Barat.
#Ulung, Inovatif, komodifikatif dalam Kajian Islam Rahmatan Lil’alamin
Ulung ialah berpengalaman, mahir, terbaik. Inovatif ialah bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru.  Komodifikatif ialah memodifikasi sesuatu yang sudah ada. Ketiga hal  tersebut merupakan visi dari FUAD IAIN Pontianak.

Ucapan Terima Kasih dan Luapan Rasa Bahagia
Alhamdulillah, goresan tinta bersama kumpulan nada menjadi hymne FUAD IAIN Pontianak. Kabar gembira 17 Mei 2016. Puji syukur kepada Allah SWT, yang memberikan kekuatan dalam menulis lirik hymne FUAD ini. Terimakasih Bapak Suhardi dan Ibu Siti Nurhasanah, kedua orang tuaku. Terimakasih atas dukungan rekan-rekan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) WARTA IAIN Pontianak, sahabat karib yang ayu, Nur Ummi Mufidah, fatner saya dalam pembuatan nada lagu ini, Muhammad Nurudin, rekan HMJ KPI, Akademisi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Keluarga Besar Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, semoga Hymne FUAD ini membawa semangat dan identitas FUAD kepada dunia, amiin.

Pontianak, Selasa 17 Mei 2016

*Video Mars FUAD IAIN Pontianak saat mengikuti kompetisi: 
https://www.youtube.com/watch?v=qJQgVqBiHLw

*Video Mars FUAD IAIN Pontianak setelah direvisi :
https://www.youtube.com/watch?v=LXh3XvqPjZ8

Post a Comment

0 Comments