sukarditb.com

10/VIDEO/ticker-posts

Header Ads Widget

Dampak Media Sosial Terhadap Psikologi Remaja





Media sosial memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan, baik dampak positif maupun negatif, saya jabarkan sebagai berikut:
Dampak Positif; 1) mempermudah komunikasi dengan seseorang yang berada dijarak jauh, 2) cepat dalam mengakses informasi yang tidak terbatas ruang dan waktu, 3) Tempat promosi yang baik dan murah, 4) memperluas jaringan pertemanan, 5) Tempat berbagi foto, informasi, dll.
Dampak Negatif: 1) kurangnya komunikasi dengan orang yang berada di sekitar, karena terlalu sibuk dengan Gadget yang dipegang, 2) munculnya rasa kecanduan terhadap media sosial dan nomophobia, 3) Mengganggu kegiatan belajar remaja, 5) bahaya penipuan medsos, 6) Tidak semua pengguna media sosial bersifat sopan, 7) Mengganggu kehidupan dan komunikasi keluarga.


Wawancara:
1.      Nama: Hikmah Utami
Usia: 19 Tahun

Menurut saya, media sosial terkadang menjadikan saya sebagai orang yang tidak bisa mengatur waktu dan membuang waktu sia-sia. Karena saya sering bermain game di facebook, terkadang bisa menghabiskan waktu 4 jam perhari. Sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Selain itu, media sosial membuat saya boros, kadang saya menghabiskan kurang lebih 50 ribu perbulan, belum yang lainnya lagi.


2.      Nama: Muhammad Pasha Nurudin
Umur: 19 Tahun

Menurut saya, pengaruh untuk psikologi seseorang sangat signifikan, karena medsos menyajikan sesuatu yang baru dan bisa diakses oleh siapa saja. Untuk remaja yang berumur 17-20 tahun yang notabenenya masih dalam pencarian jati diri maka medsos sangat berpengaruh bagi psikologis seseorang, termasuk berita negatif juga bisa berpengaruh.

3.      Nama: Vicky Nitikusworo
Umur: 19 Tahun

Pengaruh media sosial terhadap psikologi menurut saya banyak sekali pengaruhnya. Salah satunya supaya bisa menghilangkan stress akibat pekerjaannya yang membuat pikirannya tidak dapat berpikir dengan baik. Oleh karena itu, banyak yang menjadikan media sosial sebagai media hiburan guna untuk merifresh otaknya. Selain itu, dengan bermain sosial media kita bisa menyalurkan aspirasi yang ingin kita katakan kepada khalayak luas. Baik dalam hal yang baik maupun yang buruk. Dengan melakukan postingan di media sosial dapat membuat pikiran menjadi lega, atau segar kembali, karena kebanyakan seseorang menuangkan kekesalannya di media sosial sehingga setelah melakukan hal itu seseorang merasa puas dan lega.

4.      Nama: Adhe Shity Fatimah
Umur: 19 Tahun

Dampak Positif: dapat membantu khususnya dalam berkomunikasi dan dapat menambah wawasan karena dengan media sosial, kita dapat memperoleh ilmu-ilmu yang belum kita ketahui sebelumnya.

Dampak Negatif: Meningkatkan kemalasan. Terkadang membuat lalai akan kewajiban.

5.      Nama: Imam Maksum
Umur: 18 Tahun

Salah satu dampak negatif penggunaan media sosial adalah berpengaruh pada psikologi. Media sosial dapat membuat seseorang menjadi stres, gila depresi.  Mengapa bisa begitu?, hal ini dapat kita rasakan ketika media sosial yang kita punya dibajak oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya ketika dibajak, maka akan timbul suatu postingan yang tidak baik, yang dapat merusak nama baik. Postingan yang tidak baik itu akan timbul di beranda kita dan akan dilihat atau dibaca oleh orang-orang di sekitar kita, baik kenal maupun tidak. Ketika pembajakan itu terjadi, maka akan membuat orang yang mempunyai akun tersebut akan stres, depresi, bahkan gila.

6.      Nama: Sulistio
Umur: 18 Tahun

Saat ini jika kita melihat dalam kehidupan tidak dapat terlepas dari teknologi khususnya internet. Interaksi  dunia maya pun sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan banyak orang yang menjadi ketergantungan terhadap media tersebut.  Terkadang hingga melupakan teman dan lingkungan.  Kita harus pahami hal tersebut jangan sampai media teknologi yang mengontrol kita, tapi kita lah yang harus mengontrol teknologi sehingga teknologi dapat kita manfaatkan sebaik mungkin, untuk mempermudah aktifitas kita.

Hasil Wawancara:
A. Dampak Positif
1. Menghilangkan stress
2. Media hiburan
3. Bisa menyalurkan aspirasi
4. Membantu komunikasi
5. Menambah wawasan


B. Dampak Negatif
1. Kehidupan tidak teratur
2. Membuang waktu
3. Manajemen waktu yang buruk
4. Boros dalam hal keuangan
5. Penyajian berita negatif
6. Meningkatkan kemalasan
7. Dapat membuat orang depresi
8. Menjadi ketergantungan
9. Melupakan teman dan lingkungan


Kesimpulannya, Dari hasil wawancara, dihasilkan perbandingan yang yang sangat miring, yakni dampak negatif media sosial terhadap psikologi lebih banyak daripada dampak positif. Dampak positif dan negatif yang saya paparkan juga terdapat di antara pernyataan yang dituturkan informan.

Dampak negatif sosial media di atas tidak akan terjadi apabila remaja itu pandai memanfaatkan sosial media tersebut dengan baik dan benar. Selain remaja itu sendiri yang bisa mengaturnya, lingkungan juga bisa menjadi faktor penting mendorong remaja dan dampak yang didapatkan dari penggunaan media sosial.

Jadi, marilah kita manfaatkan media sosial dengan bijaksana dan sesuai kebutuhan. Jangan berlebihan dalam menggunakan media sosial, kita ketahui bersama bahwa Allah SWT tidak suka pada seseorang yang berlebihan. Semoga kita sebagai pengguna media sosial, menjadi pengguna yang cerdas dan berpengaruh baik terhadap psikologi.


Penulis : Sukardi (Adi TB)

Post a Comment

0 Comments