sukarditb.com

10/VIDEO/ticker-posts

Header Ads Widget

Perjalanan Menjadi Humas Untan

Sukardi, S.Sos



Sudah lama tidak membuat catatan harian, sejak lulus kuliah pada Maret 2017 lalu. Rindu rasa jemari ini mengukir kata-kata yang terlihat setiap harinya. Terkadang kata-kata yang kita tulis, tidak terlalu bermakna untuk saat ini, namun, di hari esok, akan banyak kenangan yang kita selami kembali.


“Jangan lihat hasilnya, namun lihatlah proses yang dilalui”

Itu kutipan yang aku buat untuk mengawali catatan harianku mengenai perjalananku menjadi Staf Humas Universitas Tanjungpura.

Alhamdulillah, sudah berjalan dua bulan menjadi pegawai kontrak di Universitas Tanjungpura (Untan) sebagai Staf  Hubungan Masyarakat (Humas) atau bahasa bule itu Public Relation.

Jalan menuju Staf Humas Untan ini, aku jalani dengan perjalanan yang cukup panjang, yakni hampir 1 tahun. Tepatnya berawal sejak aku meniti karir sebagai wartawan media online www.thetanjungpuratimes.com  yang berafiliasi di Untan.

Aku melamar ke www.thetanjungpuratimes.com  pada pertengahan Juni 2017, kemudian aktif sebagai kontributor sejak awal Juli 2017. Dengan gaji sebesar 7000 rupiah perberita. Bulan pertama aku mampu menghasilkan 300.000 rupiah, pada bulan kedua meningkat menjadi 400.000 rupiah.

Dengan gaji yang tidak memadai tersebut, dan tidak sebanding dengan kebutuhan yang dikeluarkan, aku hampir saja menyerah, hari-hariku dipenuhi dengan rasa beban, mau tidur kepikiran berita, bangun tidur pun lagi-lagi berita yang ada di benakku.

7000 rupiah perberita,  perhari aku mampu mencari 3 sampai 5 berita, kalau lagi banyak berita bisa sampai 7 berita. Namun itu tidak sebanding, dengan pengualaran bensin 20.000 rupiah, yang mampu bertahan  2 sampai 3 hari saja, ditambah lagi hidupku yang merantau, anak kos, uang tersebut untuk biaya kos, makan dan lainnya.

Memasuki bulan ketiga, aku sempat ingin mengundurkan diri, namun oleh pimpinan redaksi ditahan, karena kekurangan wartawan di medianya tersebut. Akhirnya, gaji aku ditambah dengan uang bensin 750.000 rupiah, Alhamdulillah di bulan ketiga aku mampu menghasilkan 1.300.000 rupiah, memasuki bulan keempat 1.400.000, bulan kelima hingga keenam 1.425.000, bulan ketujuh hingga delapan 1.500.000 rupiah.

Memasuki bulan kesembilan, yakni Maret 2018. Akhirnya ada penerimaan pegawai di bagian Staf Hubungan Masyarakat Universitas Tanjungpura. Aku bersama dua rekanku, Kurniadi dan Agus Supriadi tetap berkecimpung mengelola www.thetanjungpuratimes.com atau yang akrab disebut T3, kami juga mengisi berita untuk www.untan.ac.id.

Cerita ini akan terus berlanjut, sampai batas waktu yang tidak kita ketahui.


Pontianak, 21 Mei 2018.
Sukardi, S.Sos

Post a Comment

0 Comments