sukarditb.com

10/VIDEO/ticker-posts

Header Ads Widget

Komunikasi Massa

 


          Komunikasi Massa

     Pengertian Komunikasi Massa

           Menurut Tan dan Wright, komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertimpat tinggal yang jauh (terpencar), sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu (Elvinaro dan Lukiati,2007:3).

           Kemudian menurut Effendy, Onong Uchajana (2008:50), yang dimaksud dengan komunikasi massa adalah penyebaran pesan dengan menggunakan media yang ditujukan kepada massa yang abstrak, yakni sejumlah orang yang tidak tampak oleh penyampai pesan.

           Menurut Devito, Joseph A (1997:505-507) Komunikasi Massa dapat didefinisikan dengan memusatkan perhatian pada lima variabel yang terkandung dalam setiap tindak komunikasi dan memperlihatkan bagaimana variabel-variabel ini bekerja pada media massa. Kelima Variabel tersebut adalah :

a.    Sumber

         Komunikator massa adalah suatu organisasi kompleks yang mengeluarkan biaya besar untuk menyusun dan mengirimkan pesan. Walaupun demikian, sedikit sekali biaya yang sifatnya langsung. Buku barangkali merupakan produk media yang paling mahal karena konsumen harus membayar keseluruhan biaya produksi.

b.   Khalayak (Audience)

         Komunikasi massa ditujukan kepada massa sejumlah sangat besar khalayak. Karena banyaknya jumlah khalayak, dan karena sangat penting bagi media untuk memberikan apa yang diinginkan khalayak, pesan dari komunikasi massa harus difokuskan ada pemirsa atau khalayak rata-rata.  Dengan cara ini media dapat merangkul khalayak sebanyak mungkin.

c.    Pesan

         Komunikasi massa merupakan milik umum. Setiap orang dapat mengetahui pesan-pesan komunikasi massa di media-media massa. Komunikasi juga berjalan cepat, khusus media elektronik, pesan-pesan sampai kepada khalayak penerima tanpa selisih waktu antara satu dengan yang lainnya.

d.           Proses

         Ada dua proses dalam komunikasi massa. Pertama, proses mengalirnya pesan, yang pada dasaranya merupakan proses satu arah. Komunikasi tersebut berjalan dari sumber ke penerima. Kedua, proses seleksi, proses dua arah. Baik media maupun khalayak melakukan seleksi. Pertama, media menyeleksi bagian dari total populasi yang akan mereka raih. Selanjutnya, pemirsa atau pembaca atau pendengar menyeleksi dari semuda media yang ada, pesan tertentu yang akan mereka ikuti.

e.    Konteks

          Komunikasi massa berlangsung dalam suatu konteks sosial. Media mempengaruhi konteks sosial dan konteks sosial mempengaruhi media. Dengan kata lain, terjadi hubungan transaksional antara media dan masyarakat. Misalnya, media mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat. Tetapi, kondisi ekonomi juga mempengaruhi media. Demikian pula, media mempengaruhi situasi politik, danpada waktu yang sama situasi politik mempengaruhi media.

 

Posting Komentar

0 Komentar